Artikel Lain Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia

Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia


Teman2 pasti mengenal Tokopedia, marketplace yang telah menjadi salah satu unicorn (start up dg nilai lebih dari 14 trilyun rupiah). Dulu saya kira, pendiri dan CEO nya adalah anak pengusaha mapan dan kaya raya, yg tentunya relatif mudah memperoleh modal usaha serta fasilitas lainnya. Tapi ternyata, saya baru tau belakangan ini bahwa William Tanuwijaya berasal dari keluarga biasa di Siantar, sebuah kota kecil di Sumatera Utara.

Sepenggal kisahnya diceritakan sendiri dlm Entrepreneur Wanted Maret 2017. Seorang yg introvert dan pendiam serta tdk biasa bicara di depan, dpt menjadi pengusaha karena kepepet. Teman2 yg blm liat, bisa cek videonya di Youtube.

Ada 3 hal yang menjadi pelajaran dlm membangun Tokopedia, yg disebutnya dg Semangat Bambu Runcing

1. Keberanian

Berani untuk percaya diri dan mulai mewujudkan impiannya membangun Tokopedia menjadi Alibaba versi Indonesia, Ebay ala Indonesia, Rakutennya Indonesia; walaupun ada calon pemodal yang menganggap itu hanya impian kosong di siang bolong, yg hanya akan menghabiskan waktu muda dg sia2. Tp William memilih utk berani percaya pd impiannya, dan mengambil pengalaman dari kegagalan2 meyakinkan para calon investor.

So apapun impian bisnis kita, mari #mulaiajadulu krn keberanian memulai adalah syarat awal utk sukses, insyaAllah...

2. Kegigihan

Tentu keberanian saja tidak cukup dan tidak akan membawa hasil. Kunci selanjutnya adalah kegigihan. Bagaimana pendiri dan co founder Tokopedia tsb akhirnya berhasil meyakinkan bos di kantornya utk mau mjd pemodal pertama, setelah 2 tahun berusaha meyakinkan. Tidak hanya itu. Di awal, bahkan tidak ada orang yang mau melamar menjadi pegawai Tokopedia kendati pendirinya sendiri yang menjaga stand pameran di job fair selama 2 hari. Padahal di dekatnya ada ribuan orang melamar mjd pegawai bank ternama yg stand booth nya hanya dijaga oleh petugas biasa. Gigih mencari modal. Gigih membangun sumber daya manusia. Gigih utk keluar dari zona nyaman, gigih mengalahkan rasa malu. Gigih membangun komunikasi, tidak menyerah dan trus belajar walo terbatas bahasa.

3. Harapan

Dari 3 pelajaran ini, Harapan adalah yg paling penting. Para Pahlawan tidak takut walau hanya berbekal bambu runcing utk menghadapi senjata yg lebih canggih. Ada kekuatan yg dahsyat yg menimbulkan keberanian itu, yaitu adanya harapan. Mereka punya harapan dan keyakinan akan kemerdekaan Indonesia. Begitu pula para pendiri Tokopedia. Mereka punya harapan utk dpt menjadi solusi pemerataan ekonomi secara digital melalui marketplace Tokopedia. Marketplace hanya bisa berhasil dengan cara membantu orang lain untuk lebih berhasil. Impian dan harapan menjadi kekuatan. Pun begitu yg terjadi dg masyarakat Indonesia yg memulai bisnisnya dg Tokopedia.

Lebih dari 1,5 juta orang telah menggunakan Tokopedia. Memang tidak semuanya bisa berhasil. Tapi diantara mereka yg berkembang dan sukses, ada kesamaan2 satu dg yg lain. Mereka punya *semangat bambu runcing* Mereka tidak hanya *punya keberanian* utk memulai, krn keberanian saja tidak cukup. Mereka jg *punya kegigihan* utk bangkit dari kegagalan. Mereka jg sama2 *punya harapan*. Harapan yg mungkin sederhana; ingin anaknya punya pendidikan lbh baik, ingin org tuanya punya tempat tinggal yg layak. Ingin kehidupan yg lebih baik. Harapan membuat mereka bersemangat bangun setiap pagi. Bangkit dari kegagalan hari2 sebelumnya.

So... Mari wujudkan impian dan harapan dg keberanian dan kegigihan... SEMANGAT


Share Halaman ini :
Share Share with Google+ Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia Share Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia Tweet Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia Stumble This  Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia Digg  Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia Tumblr  Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia LingkedIn  Semangat Bambu Runcing CEO Tokopedia

Ada 0 Komentar

Jadilah orang yang pertama kali kirim komentar pada halaman ini

Kirim Komentar

Punya pertanyaan atau komentar pada halaman ini? Silahkan kirim melalui form komentar dibawah ini

Nama*

Email* (Not published)

Komentar

Input Anti SPAM : 79544

Komentar yang masuk akan di moderasi oleh Admin. Silahkan kirim komentar atau saran dengan arif dan bijaksana. Terima kasih


Semangat Bambu Runcing CEO TokopediaIncoming Search Terms ():

Info lebih lanjut silahkan hubungi Susara Indra Buani
085270796862
085270796862
-